kumpulan backlink berkualitas

Cara Riset Keyword – Riset Keyword Dengan Google Planner

Cara Riset Keyword yang tepat sangat penting bagi internet marketer, hal ini bertujuan untuk melakukan riset kata kunci untuk dapat di optimasi pada halaman websitenya, dari sisi SEO ini adalah sebuah faktor terpenting.

Dengan melakukan sebuah riset keywords yang tepat, kita dapat mengukur seberapa besar potensi trafik yang datang dari search engine Google dan dari rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi.

Cara Riset Keyword dan Faktor Penting Untuk Sebuah Bisnis

Mengapa saya melakukan riset keyword menjadi hal yang paling penting? Ketika kita akan membangun sebuah website bisnis, maka trafik tertarget menjadi sesuatu yang sangat berharga untuk bisnis kita.

Trafik ini bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, yang satu diantaranya adalah dari search engine Google. Jika website/ blog kita teroptimasi dengan baik sesuai dengan keyword yang telah kita tentukan, maka peluang besar website kita akan berada pada halaman utama.

Dan dengan berada di halaman utama, maka trafik tertarget yang masuk ke website bisnis kita secara terus menerus memungkinkan menghasilkan konversi penjualan.

Beberapa langkah yang harus kita lakukan sebelum melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner:

1# Mendaftar ke Google Adwords

Google Adwords adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset pasar.

Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, silahkan mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda.

Jika Anda baru pertamakali menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns, lihat gambar.

2# Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah berhasil mendaftar, kita bisa langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.

2.1. Silahkan klik menu “Tools”, nanti akan muncul pilihan sub menu. Pada bagian sub menu “Tools”, silahkan pilih “Google Keyword Planner”, lihat gambar.

2.2. Pada halaman berikutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk riset keywords. Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad group ideas”, lihat gambar.

2.3. Silahkan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda pada kolom yang tersedia, jangan lupa untuk mengedit bagian “Targeting”. Jika target market Anda Indonesia, masukkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”. Lalu klik “Get ideas”, lihat gambar.

2.4. Selanjutnya kita akan melihat halaman result di mana kita bisa melihat trend keyword yang kita cari. Jangan lupa klik tab “Keyword ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword utama kita. Di sana kita juga bisa melihat beberapa data penting seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords. Lihat gambar

2.5. Jika ingin mendowload semua ide kata kunci, silahkan klik link “Download” yang ada di sana dan menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV.

3# Catatan Penting

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google.

Terkadang kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by device” atau pilihan lainnya, lihat gambar.

Penutup cara riset keyword

Demikianlah cara riset keyword dengan Google Keyword Planner yang sering saya lakukan saat mencari kata kunci terbaik untuk website saya.

Riset kata kunci ini bukanlah jaminan bahwa website/ blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google, namun ini adalah langkah terbaik ketimbang Anda buang-buang waktu memilih keywords sembarang yang jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google.

Semoga artikel ini membantu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *