rencana pemasaran

6 Langkah Membuat Rencana Pemasaran Sosial Media

Banyak kreator media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan lain-lain. Setiap tindakan yang Anda lakukan di jejaring sosial harus menjadi bagian dari strategi pemasaran media sosial Anda.

Artinya setiap postingan, reply, like, comment harus berpedoman pada rencana yang mengarah pada tujuan bisnis. Ini mungkin terdengar rumit, tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk membuat strategi media sosial yang komprehensif, Anda akan mendapatkan hasil luar biasa berikut ini

6 Langkah Membuat Rencana Pemasaran Sosial Media.

Apa itu rencana pemasaran media sosial?

Rencana pemasaran media sosial adalah ringkasan dari semua hal yang Anda rencanakan dan harapkan untuk dicapai dengan cepat. Rencana ini harus mencakup audit atas akun Anda, sasaran di masa mendatang, dan alat apa pun yang akan Anda gunakan.

Secara harfiah, semakin menyeluruh rencana pemasaran Anda, semakin efektif penerapannya. Cobalah untuk tetap ringkas. Jangan membuat strategi social media marketing yang terlalu tinggi dan luas untuk dijangkau.

Simak penjelasan dan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat social media marketing plan untuk membuat keputusan yang tepat bagi bisnis Anda.

Membuat tujuan dan target pemasaran

Langkah pertama adalah menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin Anda capai. Dengan cara ini, memungkinkan Anda bereaksi lebih cepat jika terjadi implementasi kampanye di media sosial yang tidak sesuai harapan.

Tanpa sasaran, Anda juga tidak memiliki alat untuk mengukur kesuksesan atau membuktikan laba atas investasi (ROI). untuk tujuan ini harus diselaraskan dengan strategi pemasaran yang lebih luas agar bisnis yang Anda buat dapat mengarah pada tujuan yang tepat.

Jika strategi media sosial Anda benar-benar mendukung tujuan bisnis Anda, kemungkinan besar Anda akan melakukan pembelian dan investasi.

Bagian penting dari menetapkan tujuan yang efektif adalah menentukan metrik apa yang digunakan untuk mengukur kesuksesan.

Jangan hanya menggunakan retweet, suka atau komentar. fokus pada hal-hal seperti prospek yang dihasilkan, rujukan web, rasio konversi, dan lainnya.

Melakukan audit media sosial

Sebelum membuat rencana pemasaran, Anda perlu mengevaluasi penggunaan dan keefektifan media sosial Anda saat ini.

Ini berarti Anda perlu mencari tahu dengan siapa bisnis Anda saat ini berafiliasi dan bagaimana keberadaan media sosial Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Setelah audit, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang setiap akun sosial yang mewakili bisnis Anda dan tujuan yang mereka layani.

Membuat dan memperbaiki akun media sosial

Sekarang setelah Anda menyelesaikan audit media sosial, saatnya untuk melatih kehadiran online Anda. Pilih jaringan yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Jika Anda belum memiliki profil media sosial di semua jaringan target Anda, bangunlah dari awal dengan tujuan dan fokus yang lebih luas. Jika Anda menggunakan akun yang sudah ada, yang perlu Anda lakukan hanyalah memperbarui dan menyempurnakannya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengumpulkan inspirasi untuk pemasaran media sosial

Tidak yakin konten dan informasi apa yang akan meningkatkan pemasaran media sosial Anda? Sebagai inspirasi, perhatikan apa yang dibagikan dan digunakan orang lain di media sosial agar menonjol dari persaingan dan menjadikannya lebih baik.

Konsumen juga bisa memberikan inspirasi pemasaran, tidak hanya dari konten yang mereka bagikan, tetapi juga dari cara mereka menyampaikan pesan.

Kembangkan rencana pemasaran konten dan kalender konten

Memiliki konten yang bagus untuk dibagikan akan sangat penting. Rencana pemasaran media sosial Anda juga harus menyertakan rencana pemasaran konten yang terdiri dari strategi pembuatan konten, kurasi konten, dan kalender konten.

Kemudian itu dapat membantu Anda merencanakan dan meningkatkan konten Anda.

Uji, evaluasi, dan sesuaikan rencana pemasaran media sosial Anda

Untuk mengetahui perubahan apa yang harus dilakukan pada strategi pemasaran media sosial Anda, Anda tentu perlu mengandalkan pengujian dan evaluasi yang konstan. Catat dan analisis keberhasilan dan kegagalan yang Anda alami, lalu selaraskan dengan rencana pemasaran media sosial Anda.

Itu saja untuk artikel ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Kunjungi juga balliwebdesign.co.id untuk artikel menarik lainnya

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *